Problem Kontradiksi

Demo, anarkis, perdebatan, bentrokan dan adu fisik merupakan wujud dari bagian kontradiksi atau adanya pemahaman yang berbeda diantara kelompok. Sering terjadi bahwa perbedaan banyak menimbulkan korban jiwa dan adanya luka fisik, karena sebuah perbedaan dipahami bukan untuk memperoleh kebenaran yang relevan, malah perbedaan digunakan untuk mendominasi individu yang lemah.

Sungguh kacau kehidupan kalau perbedaan kurang dipahami dengan akal sehat. Bahkan daya pikiran tiap individu sering tertutupi dengan sifat emosi yang tidak mampu dikendalikan.

ketegangan dan ketakutan terasa saat terjadi perbedaan yang semakin memanas. Adanya kepentingan dalam suatu perbedaan dari kelompok atau individu merupakan penyebab kekacauan atas terjadinya korban.

Dalam memahami perbedaan tiap individu membutuhkan sikap saling menghargai diantara sesama, sehingga perbedaan tidak digunakan untuk mendominasi, menyingkirkan dan mensukseskan kepentingan individu. 

Sewaktu perbedaan dipahami sebagai kritik yang membangun perkembangan dan memberikan informasi atas kekurangan dalam setiap pembacaan. Pasti segala perbedaan yang ada dapat mendorong individu untuk siap siaga menutupi keburukan yang dimilikinya.

Pada dasarnya segala perbedaan adalah anugerah tuhan. Informasi yang diberikan terhadap perbedaan biasanya kurang adanya petunjuk yang detail. Namun perbedaan yang ada selalu membutuhkan analisa yang bagus. Agar keberadaan dari setiap perbedaan tidak dijadikan untuk kesesatan semata.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling