Posts

Showing posts from May 10, 2013

OLAHRAGA DAN PESTA PORA “SEMU” VOYEURISME

Ada perbedaan mendasar antara olahraga yang menyehatkan dengan tontonan olahraga. Tontonan olahraga sama sekali bukan olahraga namun merupakan ilusi yang menipu dan cenderung manipulatif. Pertanyaannya adalah, mengapa tontonan olahraga menipu??? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu diketahui bahwa “olahraga” yang dipertontonkan akan melahirkan pembicaraan-pembicaraan tentang olahraga tersebut yang pada tahap selanjutnya berkembang pada taraf yang biasa kita sebut diskusi. Ini jelas kontras dengan arti dan maksud asal olahraga yang bertujuan menyehatkan badan para olahragawan (aktor: pelaku olahraga). Jadi, berdasarkan maksud asalnya olahraga adalah entitas yang teramat indah, tentunya seindah seks dan renungan filosofis atau menyehatkan badan ibarat menyantap makanan bergizi. Selain itu, pada taraf tertentu olahraga ini menjelma seperti sebuah permainan yang dimainkan oleh orang lain agar dapat ditonton orang lainnya sebagai penonton atau supporter (sport performance) dan pastinya hany

Dialektika Filsafat Pendidikan Muhammadiyah & NU

Salah satu organisasi sosial keagamaan terbesar dan terpenting yang ada di Indonesia adalah Muhammadiyah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330H bertepatan dengan tanggal 18 November 1912M di Yogyakarta. Muhammadiyah didirikan dengan tujuan “menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”. Jauh sebelum Muhammadiyah resmi berdiri pada tahun 1912 KH. Ahmad Dahlan telah merintis pendidikan modern yang  memadukan (sintesis) antara pendidikan Barat yang hanya mengajarkan   “ ilmu-ilmu umum” dan pendidikan Islam yang hanya mengajarkan “ilmu-ilmu agama”.  Gagasan pembaharuan Muhammadiyah di dalamnya sudah termasuk gagasan pembaharuan di bidang pendidikan. KH. Dahlan melihat adanya problematika obyektif yang dihadapi oleh pribumi yaitu terjadinya keterbelakangan pendidikan yang akut karena adanya dualisme model pendidikan yang masing-masing memiliki akar dan kepribadian yang saling bertolak belakang. Di lain p