Prioritas Jaga Nafsu

Pada hakikat jiwa manusia tidak ada yang ingin berbuat kekejian, kekejaman, keburukan dan segala hal negatif. Keadaan atau kondisi tertentu mereka melakukan perilaku negatif, namun saat melaksakan sedikit kesalahan mereka tidak merasa berbuat yang tidak pantas, bahkan lebih parah lagi tiap melaksanakan kesalahan ada rasa bangga dan seolah memiliki prestasi baik dipandang komunitas tertentu.

Segala kenegatifan mayoritas merujuk pada kesenangan ego/diri, ketika manusia selalu menuruti nafsu atau keinginan, maka dapat dipastikan kemarahan, iri, dengki, kejahatan dan lainnya muncul secara serentak.

Walau kehidupan manusia selalu diliputi dengan keinginan serta kesenangan belaka, semua itu dapat dihindari melalui perawatan diri dengan menjaga nafsu birahi, sehingga kepribadian tidak mudah dikendalikan dari berbagai keburukan yang merajalela.

Mungkin ada saat diri menuruti nafsu untuk melaksanakan kegiatan positif ”perilaku yang dipandang benar secara mayoritas masyarakat”, namun menuruti nafsu dalam kebaikan sangat sulit dan membutuhkan pelatihan yang cukup lama, sehingga tidak enggan untuk selalu melaksakan perintah tuhan yang maha kuasa.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling