Pendidikan Anak

Mulai lahir anak dididik untuk mengenal dan memahami ligkungan sekitar melalui interaksi secara langsung pada teman sebaya, mengerti segala yang ingin dipelajari dari sekolah atau diperoleh berdasarkan informasi orang lain.

Biasanya pola pembelajaran terhadap anak menganut beberapa azas diantaranya:

Pola Pembelajaran Militeris

Teknik memberikan informasi sedikit banyak memakai kekerasan, cara ini bukan tidak layak, tetapi umumnya kekerasan lupa kontrol, sehingga tidak memiliki unsur pembelajaran, padahal cara militeris cuma digunakan saat anak lakukan kesalahan saja, namun tidak boleh sampai ada luka secara medis, sehingga mereka tidak mengulangi perbuatannya.

Pola Berikan Kemanjaan

Cara mengajari anak dengan menargetkan prestasi yang disertai hadiah setelah pencapaian keberhasilan dalam penguasaan informasi, semakin ahli pemberian hadiah makin menarik, agar semangat belajar sangat dahsyat.

Sesuai Kondisi Psikologi

Memberikan informasi yang ingin dipelajari dan disesuaikan dengan kemampuan penalaran dari tiap anak didik, terkadang anak kecil memiliki kedewasaan secara cepat, ada juga yang sebaliknya, sehingga butuh intelegensi psikologi terlebih dahulu, sebelum terjadi partisipasi pembelajaran berlangsung.

Mungkin beberapa teknik ini dapat digunakan, namun disesuaikan dengan kejadian dalam memberikan pembelajaran terhadap anak, setiap pola memiliki waktu tersendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling