TUJUAN KEBAHAGIAAN


Penderitaan adalah jalan menuju kebahagiaan.

Hal yang dinilai buruk seperti sakit, duka dan kecewa adalah jalan menuju kebahagiaan.

Kebahagiaan digambarkan istana penuh kedamaian. Untuk dapat memasukinya kita harus melewati jalan yang disebut penderitaan, menemukan kunci yang bernama kesadaran dan membuka gerbang yang bernama kesabaran dan keikhlasan.

Tanpa penderitaan takkan ada yang namanya kebahagiaan. Tuhan menciptakan dengan berpasang pasangan. Setiap pasangan selalu berlawanan. Tujuan diciptakan untuk saling melengkapi dan menyempurnakan. Akan tetapi pasangan akan terus berlawanan tanpa ada suatu ikatan atau penyatu. Contoh, laki laki perempuan tidak dapat menyatu utuh kecuali dengan pernikahan. Begitu juga antara kebahagiaan dan penderitaan takakan damai tanpa kunci kesabaran dan gerbang kesabaran keikhlasan.

Penderitaan adalah jalan menuju kebahagiaan, Akan tetapi penderitaan tak akan berujung jika kita tidak menemukan kunci dan gerbangnya.

Adapun kuncinya adalah kesadaran. Sadar jika tak akan ada kebahagiaan tanpa ada penderitaan, sadar bahwa dibalik penderitaan terdapat kebahagiaan. Contoh, tidaklah nikmat makanan makanan direstoran mewah jika setiap hari memakannya malah akan timbul kebosanan. Akan terasa nikmat sepiring nasi garam jika dalam kelaparan.

Itu hanyalah permainan nafsu, maka sadarilah untuk mengendalikannya.

Adapun gerbangnya adalah sabar dan ikhlas. Setelah melalui jalan derita dan menemukan kunci kesadaran akan sia sia jika tidak memasuki gerbangnya yaitu ikhlas dan sabar.

Setelah melewati semua, Masuklah dalam istana kebahagiaan yang penuh kedamaian.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling