KEPUTUSAN BERSAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH


Dalam lingkungan pemerintah dan kenegaraan, banyak sekali persoalan dan permasalahan yang dihadapi. Persoalan tersebut harus segera diselesaikan. Terlebih iagi persoalan yang menyangkut hajat hidup warga negara dan kepentingan umum. Jadi, persoalan yang dihadapi di tingkat pemerintahan Iebih banyak dan kompleks.

Dalam menghadapi berbagai persoalan, para penyelenggara negara berusaha keras untuk mencari dan mendapatkan keputusan bersama. Keputusan bersama tersebut nantinya menjadi keputusan penyelenggaraan negara. Keputusan bersama dilakukan dengan mengikutsertakan berbagai pihak, dan meiibatkan rakyat atau wakil rakyat.

Indonesia adalah negara demokratis di mana kekuasaan berada di tangan rakyat. Di negara demokratis keputusan bersama diambil secara demokratis pula, yaitu dengan mengikutsertakan rakyat serta dilakukan secara demokratis. Rakyat perlu diikutsertakan dalam pengambilan keputusan karena kekuasaan negara ini berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan diperuntukan untuk rakyat juga. Jika rakyat diikutsertakan, maka mereka merasa dihargai, merasa ikut memiliki dan bersedia melaksanakan keputusan yang pada dasarnya merupakan keputusannya sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling