Pertarungan Pemahaman Wacana

Pertarungan wacana terjadi mengiringi perkembangan dominasi interpretasi dan dominasi pemahaman yang bergejolak mempengaruhi paradigma pihak penerima. Tiada yang dapat mengendalikan pertarungan wacana sampai ruang pemahaman yang sesuai dengan logika, sehingga keberadaan wacana memberikan pencerahan bagi pemikiran.

Seandainya pertarungan wacana dapat berhenti dan ditemukan benang merah pewacanaan. Pasti kebenaran suatu pengetahuan telah diperoleh dan terjadi pembuktian berdasarkan realitas kehidupan dalam setiap periodesasi.

Analisa wacana sangat dibutuhkan untuk mengenali adanya elemen pewacanaan, ketika keberlangsungan analisa terjadi, maka wacana akan memiliki perubahan wujud menjadi ilmu pengetahuan yang telah dispesifikasikan.

Pewacanaan berawal dari tidak memahami sesuatu sampai terjadi proses hubungan antara author dan reader. Hubungan timbal balik diantara mereka mempengaruhi pemahaman yang menimbulkan fanatisme belaka.

Kalau memahami wacana diharapkan tiada rasa berlebihan pada suatu pengetahuan tertentu. 

Pemahaman secara bersama dapat menjadi acuan mengetahui kekurangan elemen yang belum mampu dipahami. Saat kesepahaman hadir seketika dunia pewacanaan dapat tampil harmonis.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling