Pesawat Jatuh

Beberapa kali Indonesia dikejutkan dengan berita pesawat jatuh, walau penulis tidak mengetahui tentang pesawat, setidaknya sebelum pesawat dioperasikan, terlebih dahulu dicek kelayakan mesin, durasi kemampuan terbang dan perlengkapan yang berhubungan dengan pesawat harus sepenuhnya layak, sehingga tidak terjadi kecelakaan dalam mengoperasikan sebuah pesawat.

Setelah pengecekan kelayakan dan perlengkapan dari pesawat, ditelusuri pula keahlian pengendara harus sudah menguasai sistem operasi dan skill formasi tertentu andai dibutuhkan, sehingga indikasi kecelakaan dapat diminimalisir.

Sebaiknya rute operasi pesawat jauh dari permukiman, agar masyarakat sipil dapat merasa aman dan tidak tertimpa pesawat jatuh, kalau bisa pesawat yang sudah kadaluwarsa atau tidak layak terbang untuk segera direproduksi, sehingga terjadi pembaharuan pesawat secara keseluruhan.

Mungkin analisa kekurangan dari pesawat diabaikan begitu saja, tiada respon yang cepat, sehingga mudah sekali terjadi kecelakaan pesawat terbang.

Kalau sudah menyadari bahwa pesawat yang kadaluwarsa tetap dipakai, pasti segala kerugian dan kecelakaan harus ditanggung penyelenggara operasi pesawat, sehingga negara tidak dibebani atas segala kerugian yang diderita.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Roro Jonggrang

Riwayat Mbah Pungkur Ngawen-Blora

Lirik Pepeling